Transformasi digital UMKM kuliner masih menghadapi tantangan pada aspek pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang belum merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan karakteristik SDM UMKM kuliner dalam ekosistem e- commerce digital menggunakan pendekatan data-driven. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis klaster K-Means terhadap 100 data responden. Hasil penelitian menunjukkan terbentuknya enam klaster dengan karakteristik yang berbeda. Klaster 0 memiliki tingkat literasi digital, pelatihan, dan dukungan manajerial yang rendah. Klaster 1 unggul dalam pemahaman e-commerce dan dukungan manajerial, namun lemah dalam TI operasional. Klaster 2 menunjukkan kekuatan pada TI operasional, tetapi rendah pada literasi dan manajerial. Klaster 3 cukup seimbang dalam berbagai aspek, namun masih lemah pada sisi manajerial. Klaster 4 aktif dalam pelatihan, tetapi memiliki kendala pada akses infrastruktur. Klaster 5 memiliki skor tinggi di hampir semua variabel, menunjukkan kesiapan sebagai UMKM digital champion. Temuan ini menunjukkan pentingnya strategi intervensi yang disesuaikan untuk pengembangan SDM berbasis klaster.
Copyrights © 2025