Pendidikan Islam merupakan hal penting dalam kehidupan seseorang yang dilakukan dengan usaha sadar dan terencana guna memberikan bimbingan, motivasi maupun pertolongan sehat, dan baik bagi kebutuhan mental dan jiwa seseorang dalam mengembangkan potensi diri terhadap kebutuhan jasmani dan rohaninya. Ketahanan mental dan kesehatan jiwa-raga setiap individu tentu merupakan hal utama bagi menata kehidupan yang baik dan masa depan yang penuh kemuliaan dan kebahagiaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang psikologi pendidikan islam dan kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendapatkan teori-teori dan konsep-konsep sebagai bahan penguat terhadap temuan dalam penelitian ini. Sumber penelitian adalah buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Hasil penelitian adalah psikologi pendidikan Islam sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mental dan pendidikan jiwa yang dapat mengarahkan perilaku maupun proses mental manusia ke arah kemajuan untuk berperan dan berpengaruh positif memberikan solusi dengan motivasi kuat bagi pembentukan karakter perilaku seseorang yang sehat dan mulia berdasarkan pendidikan yang berbasis Islam dengan nilai-nilai ajaran al-Qur'an dan Hadits, juga pendapat pakar atau ulama shalih. Dorongan berperilaku yang baik dan berkarakter mulia yang di arahkan oleh bimbingan pendidikan Islam dianggap penting untuk membentuk perilaku dan potensi diri yang mulia dan mandiri dalam upaya pencapaian kesehatan mental dan kebaikan perilaku seseorang dengan upaya penyempurnaannya dalam hidupnya sesuai dengan perilaku ajaran Islam
Copyrights © 2025