Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di sekolah dasar seringkali masih menggunakan metode konvensional yang kurang melibatkan murid secara aktif, terutama pada materi keterampilan dasar sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis kecerdasan artifisial (KA) terhadap peningkatan motivasi dan kesenangan belajar murid. Penelitian menggunakan metode campuran dengan desain quasi eksperimen untuk pendekatan kuantitatif dan wawancara untuk pendekatan kualitatif. Sampel terdiri dari 50 murid kelas V SDN Kandangan III/621 Surabaya, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui angket motivasi dan kesenangan, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan pada motivasi dan kesenangan belajar setelah menggunakan video berbasis KA, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan buku paket. Hasil wawancara mendukung hasil kuantitatif, dimana murid merasa lebih antusias, mudah memahami gerakan, dan merasa percaya diri saat praktik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media video berbasis KA efektif meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK dan relevan untuk mendukung kebutuhan belajar murid sekolah dasar di era digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025