Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat belajar Bahasa Indonesia dengan hasil belajar, kebiasaan belajar Bahasa Indonesia dengan hasil belajar, serta hubungan simultan antara minat dan kebiasaan belajar Bahasa Indonesia dengan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri Pagar Alam. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan populasi sebanyak 174 peserta didik, dengan sampel 122 peserta didik yang diambil melalui teknik proportionate random sampling, menghasilkan 119 data yang valid. Instrumen penelitian meliputi angket minat belajar, angket kebiasaan belajar, dan nilai hasil belajar Bahasa Indonesia. Data dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan hasil belajar (r = 0.687; p = 0.000); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan hasil belajar (r = 0.621; p = 0.000); dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara simultan antara minat belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar (R = 0.745; p = 0.000; R² = 55.5%). Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan minat dan kebiasaan belajar yang efektif untuk meningkatkan capaian akademik Bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025