ABSTRAK Pembelajaran Jig Saw adalah kooperatif tipe Jigsaw dapat merubah suasana belajar lebih efektif dan menyebabkan siswa menjadi lebih aktif mencari dan menggali berbagai informasi mengenai materi yang dijelaskan.Jurnal ini memberikan gambaran kepada pembaca langkah penyusunan penelitian tindakan kela. Rumusan masalah dalam jurnal ini membahas tentang Bagaimanakah aktifitas siswa dalam KBM pada konsep Kemagnetan dengan metode pembelajaran Jig Saw?Sejauh mana ketrampilan kooperatif siswa dapat dimunculkan dalam KBM yang menerapkan metode Jig Saw, pada konsep Kemagnetan? Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK dari siklus I, siklus II, dan sikus III. Tahapan penelitian yang digunakan yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (acting), tahap pengamatan (observasi), dan tahap evaluasi (refleksi). Instrumen yang digunakan berupa lembar angket, dan lembar observasi pembelajaran.Aktifitas belajar yang teramati antara lain ketergantungan mendengarkan (memperhatikan) penjelasan guru atau teman, membaca buku materi/LKS, mengerjakan LKS, menulis (mencatat) materi esensial, berdiskusi dengan teman/guru, bertanya kepada teman/guru dan menjadi presenter (penyaji). Kooperatif siswa yang teramati yaitu merespon pendapat orang lain, mengambil inisiatif (giliran) dan berbagi tugas, memberi kesempatan orang lain berbicara, kerjasama dengan teman dalam kelompok dan kemampuan siswa untuk menyampaikan informasi. Kata kunci: Aktifitas, Kooperatif, Jig Saw.
Copyrights © 2023