Ilmu pengetahuan adalah gabungan beberapa pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab akibat. Ilmu pengetahuan juga diartikan sebagai proses mengamati, eksperimen, deskripsi, penyidikan, serta penjelasan teoritis mengenai sebuah fenomena. Dalam eksistensinya sejarah munculnya ilmu pengetahuan tidak dapat terlepas dari sejarah perkembangannya, sebab ia merupakan sebuah proses yang panjang dan senantiasa bersambung dari generasi ke generasi, ia akan terus tumbuh dan berkembang sesuai dengan berkembangnya zaman. Berkembangnya ilmu pengetahuan menapaki fase yang memiliki karakteristiknya masing-masing sebagai manifestasi dari bercampurnya ilmu pengetahuan tersebut dengan segala dinamika yang ada. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan teknik analisis deskriptif yang didukung dengan analisis kesejarahan. Pendekatan sejarah lebih mengutamakan orientasi pemahaman atau penafsiran terhadap fakta sejarah. Dalam hal ini, sejarah berperan sebagai metode analisis. Sehingga, pemetaan perkembangan ilmu pengetahuan dalam Islam secara periodisasi akan menunjukkan bagaimana ilmu pengetahuan mulai muncul dan menjadi diskursus di kalangan masyarakat dunia saat itu. Dari hasil penelitian ini di tarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : Pengetahuan hakikatnya adalah segala sesautu yang manusia ketahui sebagai hasil dari proses mencari tahu. Perkembangan ilmu pengetahuan melewati beberapa periode yaitu Periode pra Yunani, periode Yunani, Periode pertengahan, Periode Islam, Periode Renaisance modern dan periode kontemporer. Adapun perkembangan pendidikan Islam di Indonesia sendiri dipahami bahwa perkembangan Pendidikan Islam sangat dipengaruhi oleh lembaga pendidikan mulai dari pesantren, Madrasah, Sekolah Islam hingga pendidikan Tinggi Islam.
Copyrights © 2023