Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Penerapan Model Discovery Inquiry Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI MI Fatahillah Kota Depok

Dulyapit, Apit (Unknown)
Yunus, Mahmud (Unknown)
Kusuma, Fat’hi (Unknown)
Khotimah, Sita Husnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Fatahillah Kota Depok pada mata pelajaran PPKN tentang Pancasila. Metode yang digunakan adalah model pembelajaran discovery inquiry berbasis pendekatan deep learning, yang dirancang agar proses belajar menjadi bermakna, penuh kesadaran, dan menyenangkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 26 siswa. Hasil penelitian membuktikan efektivitas model tersebut, ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai dari siklus I sebesar 66,69 (ketuntasan 74,83%) menjadi 89,23 (ketuntasan 84,96%) pada siklus II. Kenaikan sebesar 10,13% ini masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Model discovery inquiry berbasis deep learning berhasil memperdalam pemahaman konsep, mendorong keterlibatan aktif, dan membangun motivasi belajar siswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...