J-CEKI
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Faktor-Faktor yang Memepengaruhi Konsumen pada Pembelian Smartphone Samsung

Qomariah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli smartphone merek Samsung, dengan studi kasus pada konsumen Toko Nabilla Cell di Pasuruan. Variabel yang diteliti meliputi kualitas produk (X1), harga (X2), dan merek (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t), ketiga variabel independen tersebut terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk (X1) memiliki nilai thitung sebesar 2,553, harga (X2) sebesar 3,487, dan merek (X3) sebesar 3,501, yang semuanya lebih besar dari ttabel sebesar 1,668. Di antara ketiga variabel tersebut, merek (X3) merupakan faktor yang paling dominan memengaruhi keputusan pembelian, ditunjukkan dengan nilai thitung tertinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa dalam strategi pemasaran smartphone Samsung, persepsi konsumen terhadap merek memegang peranan penting dalam mendorong keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...