J-CEKI
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Studi Komparatif Kepuasan Pengguna Member Card Di Alfa Midi Dan Toko Madani

Muhrim, M. Rifai (Unknown)
Relubun, Dety Ariyani (Unknown)
Nadia, Nadia (Unknown)
Hamizar, Arizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kepuasan pengguna member card di dua ritel berbeda, yaitu Alfa Midi dan Toko Madani. Kepuasan konsumen merupakan indikator penting dalam menilai efektivitas program loyalitas pelanggan yang diterapkan oleh suatu perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 66 responden pengguna member card di masing-masing toko. Analisis data dilakukan dengan uji beda menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan antara kepuasan pengguna member card di kedua toko tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan dalam tingkat kepuasan pengguna member card antara Alfa Midi dan Toko Madani, di mana Alfa Midi dan toko madani memiliki nilai t hitung yang sama yaitu 2.670. Faktor-faktor yang memengaruhi persamaan tersebut meliputi kemudahan penggunaan kartu, manfaat yang diperoleh, serta pelayanan yang diterima selama berbelanja. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengelola ritel dalam meningkatkan efektivitas program member card sebagai strategi loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...