Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga beretika dan berperilaku baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kerjasama antara guru kelas dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter toleransi dan cinta damai pada peserta didik di SDN Gunung Terang, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa dari tiga sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama yang terjalin antara guru kelas dan guru PAI dilakukan secara intensif melalui komunikasi rutin, perencanaan pembelajaran bersama, serta kegiatan keagamaan dan sosial yang mendukung nilai-nilai toleransi dan perdamaian. Guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dalam membangun lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis. Kesimpulannya, kolaborasi antarguru menjadi kunci penting dalam menginternalisasi nilai karakter pada siswa, khususnya dalam konteks keberagaman budaya dan agama.
Copyrights © 2025