Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran integrasi Articulate Storyline 3 dengan permainan tradisional congklak dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi penyajian data di kelas V SDN 04 Klegen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi, serta dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada setiap indikator minat belajar (kebahagiaan, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan) dari pra-siklus hingga siklus II. Hasil uji statistik menggunakan SPSS (uji ANOVA dan Bonferroni) menunjukkan perbedaan yang signifikan antar tahap. Pembelajaran integratif ini terbukti menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, serta kontekstual. Penggunaan Articulate Storyline 3 memberikan visualisasi menarik, sementara congklak memperkuat pemahaman melalui pengalaman konkret. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media digital dan permainan tradisional efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika, sekaligus menjawab permasalahan dalam latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.
Copyrights © 2025