J-CEKI
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fotosintesis Pada Siswa Lamban Belajar Di SDLB Bhakti Luhur Malang

Astutik, L. Puji (Unknown)
Zusfindhana, Inna Hamida (Unknown)
Adi, Partiwi Ngayunigtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep fotosintesis pada siswa lamban belajar di SDLB Bhakti Luhur Malang. Siswa lamban belajar cenderung mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak, seperti proses fotosintesis dalam mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang konkret, visual, dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi mampu meningkatkan perhatian, partisipasi aktif, serta pemahaman konseptual siswa terhadap materi fotosintesis. Guru juga menyatakan bahwa media tersebut sangat membantu dalam menyederhanakan materi dan menstimulasi semangat belajar siswa. Dengan demikian, media video animasi dinilai efektif sebagai alternatif pembelajaran berbasis visual untuk siswa berkebutuhan khusus, khususnya dengan hambatan kognitif seperti lamban belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...