JURNAL ILMIAH INNOVATIVE (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian)
Vol. 13 No. 01 (2025): JURNAL ILMIAH INNOVATIVE (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian)

Dampak Kebijakan Full Day School Terhadap Eksistensi Madrasah Diniyah (Studi Kasus Di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pace Nganjuk

Nur Ichda Kayisa (Unknown)
Anis Humaidi (Unknown)
Lailatul Badriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Abstrak Kebijakan Full Day School (FDS) yang diterapkan melalui Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 sempat menuai respons beragam dari masyarakat, khususnya lembaga pendidikan nonformal keagamaan seperti Madrasah Diniyah. Meskipun kebijakan ini telah direvisi melalui Perpres Nomor 87 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa Full Day School tidak bersifat wajib, pada praktiknya banyak sekolah tetap menerapkannya secara penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kebijakan Full Day School terhadap eksistensi Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin di Desa Kecubung, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Full Day School berdampak pada penurunan jumlah santri secara signifikan, menurunnya partisipasi dalam kegiatan keagamaan, serta melemahnya kualitas spiritual siswa. Kesimpulannya, kebijakan Full Day School menimbulkan konsekuensi negatif terhadap keberlangsungan pendidikan keagamaan nonformal dan menunjukkan adanya celah dalam kebijakan pendidikan nasional yang belum sepenuhnya mengakomodasi kebutuhan keagamaan masyarakat. Kata Kunci: Full Day School, Madrasah Diniyah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

innovative

Publisher

Subject

Education

Description

INNOVATIVE: (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian) (print ISSN: 2355-4053 , online ISSN :2774-3640) Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah yang berisikan makalah yang diambil dari kajian analisis kritis di bidang pendidikan Islam. Di dalamnya juga terdapat karya asli dari dosen, peneliti, mahasiswa, dan ...