ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan praktikum terhadap minat dan hasil belajar siswa pada topik laju reaksi di SMA Negeri 1 Pancur Batu. Pendekatan kuantitatif diimplementasikan dalam penelitian ini dengan mengambil sampel dari dua kelas XI yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan analisis data, ditemukan beberapa hasil penting: (1) Nilai signifikansi 0,002 < 0,05 pada Uji Independent Sample T-Test membuktikan bahwa model PBL terintegrasi praktikum memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa; (2) Melalui Uji Paired Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, mengonfirmasi adanya perbedaan nyata pada minat belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model PBL terintegrasi praktikum; (3) Analisis korelasi menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,940, menandakan hubungan positif yang sangat kuat antara minat belajar siswa dan hasil belajar mereka.
Copyrights © 2025