Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 6, No 2 (2025)

Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Praktikum Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Pancur Batu

Sany, Putri Tiara (Unknown)
Sihombing, Junifa Layla (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan praktikum terhadap minat dan hasil belajar siswa pada topik laju reaksi di SMA Negeri 1 Pancur Batu. Pendekatan kuantitatif diimplementasikan dalam penelitian ini dengan mengambil sampel dari dua kelas XI yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan analisis data, ditemukan beberapa hasil penting: (1) Nilai signifikansi 0,002 < 0,05 pada Uji Independent Sample T-Test membuktikan bahwa model PBL terintegrasi praktikum memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa; (2) Melalui Uji Paired Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, mengonfirmasi adanya perbedaan nyata pada minat belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model PBL terintegrasi praktikum; (3) Analisis korelasi menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,940, menandakan hubungan positif yang sangat kuat antara minat belajar siswa dan hasil belajar mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...