Journal of Knowledge and Collaboration
Vol. 2 No. 8 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration

Telaah Filsafat Pendidikan, Filsafat Pendidikan Islam, dan Filsafat Pendidikan Muhammadiyah

Fitriyanti, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Filsafat pendidikan merupakan kerangka konseptual yang menentukan arah dan landasan sistem pendidikan, baik dalam aspek tujuan, isi, metode, maupun orientasi nilai. Kajian filsafat pendidikan penting dilakukan untuk memahami perbedaan mendasar antara berbagai pendekatan pendidikan yang berkembang, seperti filsafat pendidikan umum, filsafat pendidikan Islam, dan filsafat pendidikan Muhammadiyah. Filsafat pendidikan umum banyak dipengaruhi oleh rasionalisme, humanisme, dan pragmatism. Filsafat pendidikan Islam bertumpu pada nilai-nilai tauhid, integrasi wahyu dan akal, serta pembentukan insan kamil. Filsafat pendidikan Muhammadiyah, sebagai representasi pendidikan Islam modern di Indonesia, memadukan nilai-nilai keislaman dengan semangat kemajuan, tajdid, dan pemberdayaan masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk menelaah secara komparatif ketiga pendekatan tersebut dengan menganalisis dimensi ontologis, epistemologis, dan aksiologis masing-masing. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat titik temu dan perbedaan mendasar antara ketiganya, di mana filsafat pendidikan Muhammadiyah berperan sebagai model pendidikan yang mencoba menjembatani antara nilai-nilai transendental Islam dan kebutuhan pragmatis pendidikan modern. Kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan konseptual bagi pengembangan pendidikan yang berorientasi pada nilai dan relevansi zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

Journal of Knowledge and Collaboration is open access and peer-reviewed journal with e-ISSN XXX-XXX, JKC is an international journal devoted to the study of science and technology in a social context. It focuses on the way in which advances in science and technology influence society and vice versa. ...