Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 20th University Research Colloquium 2025: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Menghantarkan Bahasa Inggris pada Dunia Nyata: Buku Ajar dengan Code QR untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Slamet, Sri (Unknown)
Widyasari, Choiriyah (Unknown)
Katoningsih, Sri (Unknown)
Adityarini, Heppy (Unknown)
Fatmawati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan dan implementasi buku ajar tematik bahasa Inggris yang diperkaya dengan kode QR untuk mendukung keterampilan pelafalan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Surakarta, Indonesia. Banyak guru PAUD menghadapi kesulitan dalam mengucapkan kosakata bahasa Inggris dengan tepat. Hal ini dapat berdampak pada penyampaian model bahasa yang benar kepada anak didik. Buku ajar konvensional umumnya tidak menyediakan dukungan pelafalan yang terintegrasi, sehingga membatasi peluang guru untuk melakukan perbaikan pelafalannya secara mandiri. Untuk menjembatani kesenjangan tersebut, dikembangkanlah buku ajar berbasis digital yang menyematkan tautan audio pelafalan melalui kode QR. Tujuan utama dari inovasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana dampaknya terhadap kemampuan pelafalan dan kepercayaan diri guru dalam mengajar bahasa Inggris. Dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan 26 guru TK dari sekolah-sekolah yang berafiliasi dengan Aisyiyah. Evaluasi efektivitas intervensi dilakukan melalui kombinasi pre-test, post-test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sesi pelatihan tematik memperkenalkan fitur digital dalam buku ajar serta membimbing guru dalam latihan pelafalan dan penerapan di kelas. Data kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada skor post-test di seluruh kelompok guru, sementara data kualitatif mengungkap peningkatan kepercayaan diri, keterlibatan yang lebih tinggi dalam pembelajaran, dan pemodelan pelafalan yang lebih baik bagi anak. Penelitian ini mendukung integrasi alat digital sederhana seperti kode QR untuk memperkaya sumber belajar tradisional. Hasilnya menunjukkan bahwa media hibrida yang menggabungkan komponen cetak dan audio dapat memberdayakan guru dengan keterbatasan kemampuan bahasa Inggris untuk meningkatkan kompetensi pengajarannya. Selain itu, buku ajar berbasis QR menawarkan solusi yang mudah diakses dan dapat ditingkatkan skalanya untuk memperkaya pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Temuan ini mendorong penerapan inovasi serupa dalam program pelatihan guru serta merekomendasikan penelitian lanjutan mengenai dampak jangka panjang dari pembelajaran bahasa berbasis perangkat mobile dalam konteks PAUD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...