JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Integrasi Kearifan Lokal Marakka Bola dalam Video Pembelajaran Usaha dan Energi Kelas X di SMAN 13 Makassar

Nurhalisa, Nurhalisa (Unknown)
Jafar, Andi Ferawati (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses desain pengembangan multimedia video pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal Marakka Bola pada materi usaha dan energi kelas X di SMAN 13 Makassar, untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan video pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal Marakka Bola pada materi usaha dan energi kelas X di SMAN 13 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau R&D (Research and Development). Model pengembangan media ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 8 SMAN 13 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh untuk multimedia sebesar 1. Nilai tersebut berada pada rentang kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia video berbasis kearifan lokal Marakka Bola telah valid dan layak digunakan. Tingkat kepraktisan multimedia video berbasis kearifan lokal Marakka Bola terhadap respon peserta didik berada pada persentase 87,10% praktis. Tingkat keefektifan multimedia video berbasis kearifan lokal Marakka Bola dengan persentase 83,87% peserta didik memperoleh ketuntasan diatas KKM. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia video berbasis kearifan lokal Marakka Bola yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis dan efektif. Implikasi pada penelitian ini adalah penggunaan multimedia video berbasis kearifan lokal Marakka Bola dapat menjadi alternatif sumber belajar untuk memahami materi fisika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...