Indonesian Journal of Economics and Strategic Management
Vol. 3 No. 2 (2025): July (2025)

PENGEMBANGAN PASAR WISATA RELIGI SEBAGAI JEJAK SOSIOLOGIS MASYARAKAT BETAWI DI BEKASI; DALAM KONTEKS MANAJEMEN PENGELOLAAN

Untari, Dhian Tyas (Unknown)
Khasanah, Fata Nidaul (Unknown)
Fakhrudin, Fakhrudin (Unknown)
Antariksa, Basuki (Unknown)
Wismayanti, Yanuar Farida (Unknown)
Satria, Budi (Unknown)
Nurmanto, David (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan pasar wisata religi di Bekasi sebagai refleksi jejak sosiologis masyarakat Betawi dalam konteks manajemen pengelolaan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi literatur, penelitian ini menemukan bahwa wisata religi berpotensi memperkuat identitas budaya Betawi sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Namun, pengelolaan masih menghadapi tantangan pada aspek koordinasi antar-stakeholder, promosi digital, dan infrastruktur. Model pentahelix dipandang efektif untuk memperkuat kolaborasi, pemberdayaan komunitas, serta pelestarian nilai sosio-religius. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis pada kajian pariwisata berbasis budaya dan praktis bagi pengembangan wisata religi berkelanjutan di Bekasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijesm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Srategic Marketing; Strategic Human Resources; Strategic Finances; Strategic Operations; Banking; Corporate Finance; Business; Management; Accounting; Auditing; Taxation; Investments; Capital ...