Penelitian ini bertujuan meningkatkan perkembangan agama dan moral anak usia 5–6 tahun melalui kegiatan salat Dhuha berjemaah dengan pendekatan kreatif di TK Usman Al Farsy. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada 22 anak. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aspek kognitif (55% menjadi 82%), afektif (64% menjadi 91%), dan psikomotorik (68% menjadi 77%) setelah pelaksanaan kegiatan salat Dhuha berjemaah secara rutin dan kreatif. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan agama dan moral anak usia dini, khususnya pada ketiga aspek tersebut di TK Usman Al Farsy.
Copyrights © 2025