Jurnal Sains Manajemen
Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Sains Manajemen

Pengaruh Price dan Promotion terhadap Keputusan Menginap Wisatawan pada Hotel Berbintang: (Studi Kasus Kota Bandung)

Hidayat, Fanny Agustina (Unknown)
Apip Pudin (Unknown)
Ramdani Setiyariski (Unknown)
Kartika Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel harga (price) dan promosi (promotion) terhadap keputusan menginap wisatawan pada hotel bintang lima di Kota Bandung. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya tren konsumsi ramah lingkungan dan bagaimana strategi harga serta promosi dapat memengaruhi preferensi wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif-verifikatif. Data diperoleh dari 100 responden menggunakan teknik non-probability sampling, kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa price dan promotion berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan menginap. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengelola hotel dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Sain Manajemen merupakan Jurnal yang bertujuan untuk mewadahi semua informasi hasil penelitian, telaah pustaka, makalah teknis, dan kajian buku, dari berbagai cabang Ekonomi dan Manajemen. Diharapkan dengan adanya wadah penerbitan ini dapat berkontribusi dalam penyampaian informasi ilmiah ...