Instructional Development Journal
Vol 8, No 2 (2025): IDJ

Transformasi Digital dalam Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam: Tantangan dan Peluang

Umam, Muhammad Khotibul (Unknown)
Haudli, Muhammad Imam (Unknown)
Aminah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi dampak integrasi teknologi dalam pengelolaan kurikulum pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Al-Amiriyyah Blokagung, Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana penggunaan teknologi mempengaruhi pengembangan kurikulum, keterampilan digital siswa, dan pengembangan profesional guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru dan pengelola madrasah, serta observasi langsung terhadap implementasi teknologi dalam pembelajaran. Data kemudian dianalisis menggunakan pendekatan induktif untuk mengidentifikasi temuan utama terkait dengan integrasi teknologi dalam konteks pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi telah memberikan dampak positif signifikan, termasuk peningkatan dalam merancang kurikulum yang responsif, pengembangan keterampilan digital siswa, dan peningkatan profesionalisme guru dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Implikasi penelitian ini mendukung pentingnya pendidikan dan pelatihan yang terus-menerus bagi pendidik untuk mengadopsi teknologi sebagai alat untuk inovasi dan peningkatan kualitas pendidikan Islam.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...