Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Perwiritan Naposo Nauli Bulung: Implementasi Nilai-Nilai Al-Quran dalam membangun Akhlak Remaja Gen Z di Desa Tambiski Nauli Kecamatan Naga Juang Kabupaten Mandailing Natal

Siregar, Armaida (Unknown)
Wanto, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kegiatan Perwiritan Naposo Nauli Bulung di Desa Tambiski Nauli menjadi media internalisasi nilai-nilai Al-Quran dalam pembentukan akhlak remaja Generasi Z. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis studi etnografi pendidikan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perwiritan berfungsi tidak hanya sebagai aktivitas keagamaan rutin, tetapi juga sebagai ruang pembinaan karakter yang kontekstual, menggabungkan nilai-nilai Qurani seperti kejujuran, tanggung jawab, kesabaran, dan adab dengan kearifan lokal Mandailing. Internalisasi nilai dilakukan melalui pembacaan Yasin, takhtim, tahlil, dan sipaingot (petuah adat), serta interaksi sosial antar anggota komunitas. Kegiatan ini terbukti membawa perubahan positif terhadap perilaku remaja, memperkuat kesadaran spiritual, dan membentuk etika sosial yang sesuai dengan ajaran Islam. Studi ini merekomendasikan perwiritan sebagai model pendidikan karakter Islam berbasis komunitas yang relevan di tengah tantangan moral dan digitalisasi yang dihadapi generasi muda masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...