Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Materi Perkuliahan Mahasiswa STAI Sepakat Segenep Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara

Busni, Rajeti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tindakan kelas terkait erat dengan keinginan seseorang untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di ruang kelas. (2) mengetahui pengaruh lingkungan terhadap pembelajaran di ruang kelas STAISES Kutacane Kabupaten Aceh. Subjek penelitian ini adalah Dosen, Mahasiswa dan Stakeholder. Subjek penelitian ditentukan secara purposif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara, dan penyebaran kuesioner. Untuk lebih meyakinkan perolehan data melalui kuesioner, maka pengumpulan data dilengkapi dengan wawancara terbimbing. Penyebaran angket dan wawancara dilaksanakan oleh tim peneliti. Pengambilan data dilaksanakan pada saat ujian tengah semester telah dilaksanakan. Mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam belajar. Banyak ditemukan berbagai persoalan di kelas, seperti pembelajaran kurang menarik, mahasiswa kurang antusias, cara mengajar dosen yang monoton, mahasiswa umumnya memperhatikan namun kehilangan fokus untuk menangkap materi perkuliahan. Penelitian tindakan kelas merupakan bagian penting dari upaya pengembangan peningkatan mutu secara tidak langsung yang dilakukan oleh stakeholder tim akademis, dengan cara mengetahui kualiatas belajar mahasiswa diruang kelas perkualiahan. Pembelajaran di kelas terus diperbarui metodenya oleh dosen sampai menemukan penyampaian materi perkualiahan yang lebih mudah diterima dan diserap oleh mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...