QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2025): 2025

Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Pendidikan Islam Pada Sekolah Dasar di Daerah Terpencil

Mita Audri, Serli (Unknown)
Zaimar, Syam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji hambatan dan solusi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar daerah terpencil yang memiliki keterbatasan sumber daya manusia, sarana prasarana, dan dukungan lingkungan. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi tantangan utama sekaligus menawarkan strategi kontekstual dan aplikatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi pustaka, menggunakan teknik qualitative content analysis terhadap literatur akademik terpilih yang terbit antara 2019–2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan utama mencakup kekurangan guru berkualifikasi, minimnya fasilitas, akses geografis sulit, rendahnya literasi keagamaan, keterbatasan teknologi, dan lemahnya koordinasi kebijakan. Solusi yang direkomendasikan meliputi pelatihan guru berkelanjutan berbasis lokal, pengembangan media pembelajaran kontekstual, kolaborasi dengan tokoh agama, adaptasi Kurikulum Merdeka, dan pendanaan alternatif dari filantropi Islam. Implementasi strategi ini memiliki implikasi penting dalam pemerataan pendidikan, penguatan peran komunitas, dan pembentukan generasi berkarakter Islami di wilayah terpencil

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...