Scientific
Vol. 9 No. 02 (2025): Agustus 2025

FAKTOR REVIEW DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBENTUK MINAT BELI PRODUK SKINCARE SKINTIFIC DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN

Indah Fitriastuti (Unknown)
Fithriani, Adha (Unknown)
Jumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan membuktikan pengaruh secara parsial re- view produk terhadap minat beli, pengaruh secara parsial kualitas produk terhadap minat beli, dan pengaruh secara simultan review produk dan kualitas produk terhadap minat beli produk skincare Skintific pada maha- siswa kampus II Banjarbaru Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Variabel penelitian terbagi menjadi 3 varia- bel yaitu review produk (X1), kualitas produk (X2), serta minat beli (Y). Jenis penelitian yaitu penelitian Kuanti- tatif dengan analisis Deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, study pustaka serta me- nyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 87 mahasiswa, serta sampel berjumlah 71 mahasiswa. Teknik analisa dalam penelitian ini dengan metode regresi linear berganda. Hasil regresi linear berganda yaitu Y= 2,019 + 0,055 X1 + 0,740 X2. Review produk terhadap minat beli tidak berpengaruh secara parsial thitung < ttabel yaitu sebesar 0,380 < 1,994 dan nilai sign 0,705. Kualitas produk terhadap minat beli berpengaruh secara parsial thitung > ttabel yaitu 9,880 < 1,994 serta sign yaitu 0,000. Review produk dan kualitas produk terhadap minat beli berpengaruh secara simultan Fhitung > Ftabel yaitu 79,107 > 3,13, serta probabilitas sign < 0,05 yaitu 0,000. Nilai adjusted R-squared sebesar 0,691 artinya kemampuan variabel Review Produk (X1) dan Kualitas Produk (X2) dapat menjelaskan variabel Minat Beli (Y) sebesar 69,1%, sisanya 30,9% dijelaskan oleh variabel lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

scientific

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scientific : Jurnal Ilmu Bidang Ekonomi. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali setahun setiap bulan Maret-Juni, Juli-Oktober dan November-Desember oleh Fakultas Ekonomi (FEKON) Universitas Achmad Yani (UAY) ...