Rendahnya kemampuan siswa dalam menyusun konten Bahasa Inggris serta terbatasnya pemanfaatan teknologi, khususnya Artificial Intelligence (AI), di madrasah menjadi latar belakang pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Inggris sekaligus literasi digital siswa melalui pelatihan dan pendampingan pemanfaatan aplikasi AI seperti ChatGPT dan Grammarly. Metode yang digunakan adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan 27 siswa kelas XI serta guru Bahasa Inggris di MAS Islamiyah Hessa Air Genting. Tahapan kegiatan mencakup persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Proses pelatihan dilakukan secara interaktif melalui praktik langsung, diskusi, dan refleksi bersama. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis siswa dari aspek struktur kalimat, kosa kata, serta kepercayaan diri, disertai dengan meningkatnya literasi teknologi dan kemampuan berpikir kritis melalui interaksi aktif dengan fitur AI. Kegiatan ini membuktikan bahwa penerapan AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris di madrasah dapat menjadi solusi inovatif, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Copyrights © 2025