Mobile learning telah menjadi inovasi penting dalam pendidikan modern, khususnya dalam meningkatkan aksesibilitas dan interaktivitas pembelajaran. Penelitian " Mobile Learning Dalam Pembelajaran: Tinjauan Sistematis Untuk Pengembangan Pembelajaran Digital Pendidikan Agama Islam" bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren, manfaat, dan tantangan dalam penerapan teknologi Mobile Learning di pendidikan pada saat ini. Metode pada karya ilmiah ini menggunakan Systematic Literature Review dengan teknik olah data analisis bibliometrik, diperoleh data inklusi sebanyak 36 artikel dari 167 artikel yang terindeks Scopus, Sinta 1, dan Sinta 2 dalam rentang waktu 2021 hingga 2025. Kemudian divisualisasikan menggunakan VOSviwers 1.6.20. Analisis tersebut mengungkapkan peningkatan tajam dalam publikasi selama tahun 2021, yang dikaitkan tranformasi Mobile learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun, analisis tersebut juga menyoroti kesenjangan yang signifikan dalam mengintegrasikan pendidikan islam dengan pembelajaran Mobile learning. Mayoritas publikasi berasal dari Indonesia, Turkie dan Malaysia, dan ada pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang mendominasi dan berhubungan dengan metodologi. Hasilnya menunjukkan meskipun peluang dan popularitas tren penelitian yang condong ke arah ponsel dalam pendidikan meski masih ada beberapa kendala yaitu dari segi sinyal dan pengkondisian suasana kelas. Namun analisis tersebut juga menyoroti kesenjangan yang signifikan dalam mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam dengan Mobile Learning. Efek dari temuan penelitian ini bertujuan untuk memberi para peneliti kesempatan untuk memperdalam penelitian mereka tentang topik "Mobile learning dalam pendidikan" untuk mencapai prospek potensial untuk penelitian lebih lanjut
Copyrights © 2025