JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling
Vol 3, No 2 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 13 Medan Tahun Ajaran 2024/2025

Tanjung, Samsidar (Unknown)
Fadillah, Nur (Unknown)
Malau, Navaldi Indra (Unknown)
Sari, Della Yuspita (Unknown)
Nainggolan, Laura Natashia Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pokok bahasan Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi experiment (eksperimen semu), yang melibatkan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test).Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 0,05 dan nilai thitung sebesar 4,419 ttabel 1,689. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H₁) diterima, yang berarti bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 13 Medan.Hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen menggunakan model (Project Based Learning) adalah 74,47, sedangkan kelas kontrol menggunakan model (Problem Based Learning) memperoleh rata-rata nilai sebesar 66,06. Dengan demikian, terdapat selisih pencapaian sebesar 8,41 poin, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jamparing

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Physics Social Sciences

Description

JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang; 1. Akuntansi 2. Ekonomi 3. Bisnis 4. Manajemen 5. Pajak 6. Pariwisata 7. Sosial-Budaya 8. Pendidikan/Pembelajaran 9. ...