Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pokok bahasan Teori Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi experiment (eksperimen semu), yang melibatkan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test).Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 0,05 dan nilai thitung sebesar 4,419 ttabel 1,689. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H₁) diterima, yang berarti bahwa penerapan model Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 13 Medan.Hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen menggunakan model (Project Based Learning) adalah 74,47, sedangkan kelas kontrol menggunakan model (Problem Based Learning) memperoleh rata-rata nilai sebesar 66,06. Dengan demikian, terdapat selisih pencapaian sebesar 8,41 poin, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Copyrights © 2025