Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman naratif siswa kelas 8 SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One-group Pretest–Posttest. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa dari kelas 8H SMP N 14 Semarang. Instrumen pengumpulan data berupa 25 soal pilihan ganda yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Data yang diperoleh telah di pastikan normalitas dan homogenitasnya sebelum di uji menggunakan paired sample t-test. Hasil analisa yang di peroleh menunjukkan adanya signifikan (0.000<0,05) pada kemampuan pemahaman siswa. Hasil penelitian ini didukung oleh nilai rata-rata post-test sebesar 87,75 lebih tinggi dibandingkan nilai pre-test sebesar 68. Temuan ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman naratif. Oleh karena itu, buku cerita bergambar layak direkomendasikan sebagai media pembelajaran alternatif yang efektif untuk mengajarkan teks naratif di tingkat sekolah menengah pertama.
Copyrights © 2025