Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMPN 2 Kalibaru

Arifin, Muhammad Samsul (Unknown)
Jayawardana, Hepta Bungsu Agung (Unknown)
Maharani, Lila (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII SMPN 2 Kalibaru. Metode penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran team assisted individualization, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data diperoleh melalui hasil tes dan observasi. Hasil pretest yang diperoleh sebesar 19,50 sedangkan nilai posttest sebesar 31,88. dalam hal ini dengan menggunakan model Team Assisted Individualization terdapat peningkatan hasil belajar. Hasil hipotesis yang dilakukan melalui uji T independen, Jika nilai sig, (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh penerapan model pembelajaran team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII SMPN 2 Kalibaru. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 Kalibaru dapat diketahui beberapa fakta dalam proses pembelajaran yaitu minat dan motivasi siswa kurang serta hasil belajar IPA mereka rendah terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...