Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII SMPN 2 Kalibaru. Metode penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran team assisted individualization, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data diperoleh melalui hasil tes dan observasi. Hasil pretest yang diperoleh sebesar 19,50 sedangkan nilai posttest sebesar 31,88. dalam hal ini dengan menggunakan model Team Assisted Individualization terdapat peningkatan hasil belajar. Hasil hipotesis yang dilakukan melalui uji T independen, Jika nilai sig, (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh penerapan model pembelajaran team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII SMPN 2 Kalibaru. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 Kalibaru dapat diketahui beberapa fakta dalam proses pembelajaran yaitu minat dan motivasi siswa kurang serta hasil belajar IPA mereka rendah terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Copyrights © 2025