Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD

Dela, Syahria Ataya (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)
Muhdiyati, Iyon (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Cipaok masih sangat rendah, ditunjukkan dengan hanya 4,55% siswa yang mencapai Kriteria Pencapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Game-Based Learning berbantuan media Baamboozle terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dan nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan model Game-Based Learning dan kelas kontrol dengan model Direct Instruction. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 dan effect size (Cohen's d) sebesar 0,971 yang termasuk dalam kategori besar. Effect size yang besar ini menjadi bukti efektivitas model Game-Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Permainan berbantuan media Baamboozle secara signifikan meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Oleh karena itu, model ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...