Hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN Cipaok masih sangat rendah, ditunjukkan dengan hanya 4,55% siswa yang mencapai Kriteria Pencapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Game-Based Learning berbantuan media Baamboozle terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dan nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan model Game-Based Learning dan kelas kontrol dengan model Direct Instruction. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 dan effect size (Cohen's d) sebesar 0,971 yang termasuk dalam kategori besar. Effect size yang besar ini menjadi bukti efektivitas model Game-Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Permainan berbantuan media Baamboozle secara signifikan meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Oleh karena itu, model ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar.
Copyrights © 2025