Keterampilan sosial adalah elemen krusial dalam perkembangan anak, yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan orang lain, membangun hubungan, dan beradaptasi dalam berbagai konteks sosial. Di Palangka Raya perhatian khusus peningkatan fokus ​pada pengembangan keterampilan sosial di kalangan siswa, mengingat tantangan yang dihadapi oleh generasi muda saat ini tentang pengembangan keterampilan sosial di kalangan siswa, dengan mempertimbangkan tantangan yang dihadapi oleh generasi muda saat ini. Jurnal ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pengajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Melalui pendekatan berbasis data dan studi kasus, penelitian ini akan memberikan wawasan mendalam mengenai praktik pengajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik di Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah dasar dan menengah di Kota Palangka Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran kolaboratif mengalami peningkatan yang signifikan dalam keterampilan sosial mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mengajarkan pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk karakter siswa agar dapat berinteraksi dengan baik dalam masyarakat.
Copyrights © 2025