JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
Vol 8, No 2 (2016): JUPIIS (Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial) DESEMBER

Sinkronisasi Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Berutu, Nurmala (Unknown)
Damanik, Muhammad Ridha (Unknown)
Harefa, Meilinda Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesesuaian dokumen mutu jurusan/prodi dan fakultas dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), serta mengetahui kendala-kendala dan solusi dalam penerapannya di FIS Unimed. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan teknik analisis data deskriptif kualitatif dimana hasil data yang dikumpulkan akan dibandingkan dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi menurut Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015. Ada 163 butir indikator dan dari penilaian dokumen mutu jurusan/prodi di FIS Unimed, tingkat kesesuain pada tingkat fakultas adalah 77,1%. Terdapat 36 indikator (22,09%) yang belum sesuai dengan SNPT pada masing-masing jurusan/prodi. Jurusan PPKn memiliki tingkat kesesuaian paling tinggi (92,02%), sedangkan tingkat kesesuaian terendah adalah Prodi Pendidikan Antropologi (84,05%). Indikator yang belum sesuai dengan SNPT di seluruh Jurusan/Prodi adalah (1) Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat belum mengacu pada Standar Nasional Penelitian dan PKM (2) Perhitungan waktu 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi, atau tutorial belum sesuai dengan yang ditetapkan dalam SNPT, (3) Perhitungan waktu 1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa seminar atau bentuk lain yang sejenis belum sesuai dengan yang ditetapkan dalam SNPT, dan (4) Belum terpenuhinya sarana dan prasarana yang dapat diakses oleh mahasiswa berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jupiis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JUPIIS is a Journal of Social Science Education for information and communication resources for academics, and observers of Educational Social Sciences, Social Sciences, Political Sciences, Methodology of Social Sciences and Social Work. The published paper is the result of research, reflection, and ...