Artikel ini akan menjelaskan tentang pembelajaran sosial emosional yang diberikan guru kepada peserta didik masih kurang beragam dan kurang efektif. Padahal sosial emosional mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan pendekatan sosio emosional pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan rancangan konsep pendekatan sosio emosional, ciri-ciri pendekatan sosio emosional, Langkah-langkah penerapan pendekatan sosio emosional dan hasil belajar serta fakor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penulis menyimpulkan bahwa hasil belajar PAI dan Budi Pekerti dengan menerapkan pendekatan sosio emosional pada masa ini dapat melalui melibatkan diri secara pribadi dengan peserta didik, memberi penjelasan mengenai perilaku siswa, tulus dalam menyatakan perasaan yang sebenarnya untuk meningkatkan pengertian peserta didik, usahakan memberikan penjelasan yang singkat dan mudah dipahami untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik, berikan pujian yang bersifat menghargai, dan lain-lain. Peserta didik akan sangat antusias dan berinteraksi aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pendekatan sosio emosional ini dapat memberikan stimulus yang baik terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu, tanpa sengaja, kerja sama terbangun antara guru dan peserta didik dalam menjaga kondisi yang kondusif saat pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2025