Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Mendongeng di KB-TK Talenta Jakarta

Sanim, Isnawati (Unknown)
Karyadi, Agung Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya anak usia 4–5 tahun yang mengalami kendala dalam kemampuan berbicara meskipun perkembangan bahasa mereka sudah signifikan. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan gawai secara pasif yang mengurangi keterlibatan verbal aktif anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan mendongeng dengan media Kotak Cerita (Story Box), yaitu kotak berisi lembaran cerita bergambar yang dirancang menarik dan sesuai minat serta tahapan perkembangan anak. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model John Elliot dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam satu siklus (delapan pertemuan) di KB-TK Talenta, Jakarta Selatan, melibatkan 18 anak (8 laki-laki dan 10 perempuan). Data dikumpulkan secara kuantitatif dan kualitatif melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak dari 44% sebelum tindakan menjadi 82% setelah tindakan. Peningkatan ini memenuhi kriteria keberhasilan menurut Mills (≥71%) dan ketuntasan minimal (≥75%), sehingga tidak diperlukan siklus lanjutan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kegiatan mendongeng dengan media Kotak Cerita efektif meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini serta mendorong partisipasi aktif mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...