TEKNOBIS : Jurnal Teknologi, Bisnis dan Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2025): TEKNOBIS : Jurnal Teknologi, Bisnis dan Pendidikan

Gamifikasi Nilai-Nilai Akhlak dalam Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android: Studi Kasus Mata Pelajaran PAI

Sandiah, Aulia (Unknown)
Rifa’i (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan paradigma dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan gamifikasi dalam aplikasi mobile learning berbasis Android sebagai sarana internalisasi nilai-nilai akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, melibatkan guru PAI dan sepuluh siswa kelas VIII sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi elemen gamifikasi seperti poin, level, badge, leaderboard, narasi interaktif, dan catatan harian mampu meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan emosional, serta pembentukan karakter siswa secara bermakna. Aplikasi ini juga memfasilitasi refleksi diri siswa terhadap pengamalan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan infrastruktur digital dan kesiapan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dukungan dari sekolah dan pengembang aplikasi menjadi faktor penting dalam optimalisasi penerapan gamifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gamifikasi berbasis Android berpotensi menjadi inovasi edukatif yang efektif dalam pembelajaran nilai akhlak, sepanjang didukung oleh kesiapan teknopedagogis dan lingkungan belajar yang kondusif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teknobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

TEKNOBIS : Jurnal Teknologi, Bisnis dan Pendidikan dengan scope 1. teknologi Komputer ( Informatika, Sistem Informasi) 2. Teknologi Pangan 3. Teknologi Digital  4. Teknologi yang Relevan 5. Manajemen Bisnis 6. UMKM  DIGITAL 7. Kewirausahaan 8. Manajemen 9. Ekonomi 10. Akutansi 11. Pendidikan 12. ...