Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pematangsiantar dengan populasi siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan desain menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain non-equivalent control group desain. Sampel penelitian ini ialah kelas XI-4 sebagai kelas Eksperimen dan Kelas XI-5 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pre-test sebelum diberikan perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Teknik analisi data yang digunakan ialah uji hipotesis yang terdiri dari uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test untuk membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pre-test yang diperoleh 53, 53 dan rata-rata nilai post-test 89,59 dan dengan nilai thitung 28,067 lebih besar dari ttabel 1,692, dengan nilai sig (2-tailed) yang diperoleh 0,000 < 0,05. Pada uji independent t-test diperoleh nilai post-test pada kelas kontrol sebesar 83,35 dan eksperimen 89,59. Dengan nilai thitung sebesar 5,054 lebih besar dari ttabel 1,668 dan nilai sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05. Dari kedua uji hipotesis yang dilakukan H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar siswa pada materi Struktur Atom.
Copyrights © 2025