Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pembimbingan anak asuh di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Kota Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam Penelitian ini terdiri dari 1 orang pengasuh yang ditentukan secara purposive. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan formula Miles & Huberman tahun 2021 yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembimbingan yang digunakan di Panti Asuhan Putera Muhammadiyah Kota Medan menggunakan 4 macam pola pembimbingan yaitu pola pembimbingan distribusi dan penyesuaian yang ditujukan untuk membimbing anak yang bingung memilih kegiatan di luar sekolah, pola pembimbingan klinis ditujukan untuk membimbing anak yang sulit menyesuaikan sistem belajar, pola pembimbingan, pengambilan keputusan ditujukan untuk membimbing anak untuk mengambil keputusan yang tepat, pola pembimbingan eklektik ditujukan untuk membimbing anak dengan kedua metode bimbingan sesuai dengan kondisi tertentu.
Copyrights © 2025