Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 9 No. 3 (2025): EDUNOMIKA

PENGARUH PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA PT BPR UTOMO MANUNGGAL SEJAHTERA SUMSEL

Hawa, Nur (Unknown)
Mauliyanti, Anita (Unknown)
Rudi, Yudi (Unknown)
Anggraini, Noviya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini antara lain Untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Customer Service Pada PT BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel dalam melayani nasabah. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif karena menggunakan data kualitatif yang diangkakan. kesimpulan dari keseluruhan hasil analisis penelitian ini sebagai berikut: Variabel kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel. Variabel jaminan (X3) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen karena variabel tersebut mempunyai nilai t-hitung yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel lain, yaitu sebesar 5,779 dan angka Sig. Yang paling kecil yaitu sebesar 0,000. Besarmya kontribusi pengaruh variabel kualitas pelayanan (kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik) terhadap kualitas pelayanan karyawan pada PT BPR Utomo Manunggal Sejahtera Sumsel. Todopuli adalah sebesar 86,1%. Sementara sisanya sebesar 13,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...