Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Pengaruh Pengelolaan Kelas Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 INPRES Talawe Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros

Marjani, Marjani (Unknown)
Syarifuddin, Syarifuddin (Unknown)
Mukminati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengelolaan Kelas terhadap terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe. 2). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Media Pembelajaran terhadap terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe. 3). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Disiplin Belajar terhadap terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe. 4). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengelolaan Kelas Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar secara simultan terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe dan 5). Untuk mengetahui dan menganalisis variabel yang dominan pengaruh terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe. Hasil Penelitian 1). Pengelolah Kelas (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe. 2). Media Pembelajaran (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe. 3). Disiplin Belajar (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe. 4). Pengelolah Kelas (X1), Media Pembelajaran (X2) dan Disiplin Belajar (X3) secara bersama- sama berpengaruh terhadap Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe. Dan 5). Variabel yang paling dominan mempengaruhi Tujuan Capaian Pembelajaran IPAS Murid Kelas VI UPTD SDN 133 Inpres Talawe adalah Disiplin Belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...