Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Swasta Taman Asuhan

Silaen, Lasma (Unknown)
Panggabean, Eva (Unknown)
Purba, Natalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Swasta Taman Asuhan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasi-Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari 63 siswa yang terbagi ke dalam kelas eksperimen (n=32) dan kelas kontrol (n=31). Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model Mind Mapping, sementara kelas kontrol diajar dengan model konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (86,88) secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol (43,55). Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t_hitung = 8,629 > t_tabel = 2,000 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Hal ini menyebabkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Swasta Taman Asuhan Tahun Ajaran 2025/2026.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...