Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Swasta Taman Asuhan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasi-Experimental Design) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari 63 siswa yang terbagi ke dalam kelas eksperimen (n=32) dan kelas kontrol (n=31). Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model Mind Mapping, sementara kelas kontrol diajar dengan model konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (86,88) secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol (43,55). Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t_hitung = 8,629 > t_tabel = 2,000 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Hal ini menyebabkan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Swasta Taman Asuhan Tahun Ajaran 2025/2026.
Copyrights © 2025