Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Analisis Perkembangan Psikologis Anak Broken Home di Yayasan Bunda Meifa Tondano

Kambey, Debora C.M (Unknown)
Solang, Deetje J. (Unknown)
Kapahang, Gloridei L. (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan psikologis anak dari keluarga broken home yang ditinjau dari aspek kognitif, emosional dan sosial di Yayasan Bunda Meifa Tondano. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada seorang anak berusia 7 tahun yang menjadi korban broken home. Subjek penelitian adalah seorang anak berusia 7 tahun di Yayasan Bunda Meifa Tondano. Data dikumpulkan melalui obbservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perpisahan orang tua berdampak pada tidak terpenuhinya kebutuhan anak, khususnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tua. Meskipun demikian, anak tetap merasa aman, memperoleh perlindungan, tidak merasa rendah diri, memiliki empati, gemar berbagi dengan orang lain, serta menujukan kecendurungan mencari perhatian dari lingkungan sekitar. Perkembangan sosial emosional anak korban broken home ini tetap sejalan dengan anak-anak seusianya. Dukungan dan kepedulian dari lingkungan rumah, yayasan, serta sekolah berperan penting dalam menunjang perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak, sehingga anak dapat berkembang sesuai tahap usianya tanpa memerlukan penanganan khusus.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...