JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 5 No. 1 (2024): (JUNI 2024) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar

Sulastri Devi Lestari. S (Unknown)
Azis, Muhammad (Unknown)
Nuraisyiah, Nuraisyiah (Unknown)
Hasyim, Sitti Hajerah (Unknown)
Tikollah, Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana Pengantar Bidang Persekolahan (PLP) mempengaruhi kapasitas mahasiswa dalam mengajar di program studi akuntansi Universitas Negeri Makassar. Partisipan penelitian adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar pada program studi pendidikan akuntansi FEB UNM. 53 mahasiswa dipilih sebagai sampel dengan menggunakan strategi purposive sampling berdasarkan kriteria sebagai berikut: Harus memenuhi dua syarat: (1) terdaftar pada program studi pendidikan akuntansi tahun 2019; dan (2) telah menyelesaikan kursus PLP. Teknik pengumpulan data meliputi penggunaan angket dan dokumentasi. Pengujian instrumen, pengujian hipotesis, dan analisis deskriptif persentase merupakan metode analisis data yang digunakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai kesiapan mengajar siswa meningkat sebesar 0,539 setiap penambahan nilai PLP yang ditunjukkan dengan model persamaan Y = 49,922 + 0,539X. Analisis koefisien determinasi (r2) menghasilkan nilai r2 = 0,300 atau 30% yang menunjukkan bahwa PLP mempunyai dampak sebesar 30% terhadap persiapan siswa untuk mengajar, dan 70% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sebaliknya dengan nilai signifikansi 0,000<0,50, temuan uji t menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel PLP dengan variabel kesiapan mengajar siswa. Kata Kunci: Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Kesiapan Mengajar.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...