Sebagai pemimpin organisasi, kepala sekolah memainkan peran penting dalam mendorong pengembangan profesional guru. Rumusan pertanyaan penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah sejauh mana peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru dalam persepsi guru. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji strategi kepala sekolah SMP Negeri 2 Manado untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan kompetensi profesionalisme guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif secara berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala sekolah sangat memberi dampak positif untuk meningkatkan kinerja dan kopetensi guru. Peningkatan terjadi secara signifikan karena kepala sekolah menerapkan strategi berupa diskusi personal, motivasi, kesempatan pengembangan diri, dan kolaborasi secara bersama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024