Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media promosi berbasis digital branding dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall, terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian dan pengembangan, namun menyesuaikan dengan lokasi penelitian sehingga peneliti hanya melakukan enam tahapan yaitu, Analisis dan Potensi Masalah, Mengumpulkan informasi dan Identifikasi Kebutuhan, Desain Produk, Pengembangan Produk, Perbaikan Produk dan Uji Coba Produk. Proses pengumpulan data melalui tahapan analisis awal yaitu dengan penyebaran angket kebutuhan, dilanjutkan dengan pembuatan produk, validasi oleh tiga orang ahli, yaitu ahli bahasa, ahli media dan ahli materi. Analisi menggunakan skala likert dan skala guttman. Uji coba produk terbagi menjadi dua, yaitu uji coba one to one pada tiga konsumen dan uji coba small group pada sebelas konsumen. Hasil penilaian dari validasi bahasa , ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat valid. Sehingga media yang dikembangkan valid untuk digunakan sebagai media promosi. Tingkat kepraktisan dari uji coba one to one dan uji coba small group dengan kategori sangat praktis sebagai media promosi. Hal ini membuktikan bahwa media promosi berbasis digital branding praktis digunakan sebagai media promosi.
Copyrights © 2025