ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 5 No. 2 (2025): September

EKSPERIMEN MENARA GELEMBUNG UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BERNALAR KRITIS ANAK PAUD

Yazid, Sholehah Yuliati (Unknown)
Siti Inganah (Unknown)
Nur Ifyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2025

Abstract

Penanaman karakter bernalar kritis pada anak usia dini menjadi landasan penting dalam membentuk generasi yang berpikir logis, kritis, percaya diri, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas eksperimen Menara Gelembung sebagai media stimulatif dalam menumbuhkan karakter bernalar kritis anak melalui model pembelajaran Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada anak kelompok B usia 5–6 tahun di TK ABA Kapas Bojonegoro. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan anak dalam mengajukan pertanyaan, menganalisis hubungan sebab-akibat, dan menyimpulkan secara sederhana. Media Menara Gelembung terbukti efektif mengaktifkan rasa ingin tahu anak serta memberikan pengalaman eksploratif yang bermakna. Dengan demikian, eksperimen ini dapat dijadikan alternatif media edukatif yang relevan untuk menumbuhkan karakter bernalar kritis sekaligus memperkuat dimensi Profil Pelajar Pancasila. Disarankan agar penggunaan media eksploratif berbasis Discovery Learning terus dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abata

Publisher

Subject

Education Other

Description

ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a journal dedicated to the publication of quality research results in the field of early childhood education and child development. ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini has a scope including the development of aspects of child development, ...