Hasil pengamatan di TK Negeri Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari menunjukkan bahwa kemampuan berpikir simbolik anak usia 5–6 tahun belum berkembang secara optimal. Sebagian besar anak masih kesulitan dalam menyebutkan lambang bilangan 1–10, membutuhkan waktu lama untuk berpikir ketika menyebutkan secara berurutan, serta belum mampu mencocokkan gambar dengan bilangan maupun mengenali huruf vokal dan konsonan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan flanel terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Experimental berbentuk Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 32 anak dengan sampel 16 anak yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan papan flanel terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5–6 tahun. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa media papan flanel dapat dijadikan alternatif efektif dalam pembelajaran anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025