Pengembangan keterampilan sosial anak usia dini merupakan isu penting dalam pendidikan karena berpengaruh pada kemampuan berinteraksi, berbagi, bekerja sama, serta membangun empati. Fokus pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan sosial anak di PAUD Attahiriyah Desa Buniwangi Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur melalui kegiatan bermain kelompok. Tujuan kegiatan adalah memberikan pendampingan berbasis permainan kolaboratif agar anak lebih terbiasa bekerja sama, menaati aturan, dan menunjukkan kepedulian terhadap teman. Metode yang digunakan adalah pendekatan ABCD dengan strategi observasi partisipatif, melibatkan guru dan anak dalam perencanaan serta pelaksanaan kegiatan. Kegiatan dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu identifikasi aset, perumusan harapan bersama, perancangan program, pelaksanaan, dan evaluasi. Permainan yang digunakan meliputi menyusun balok, memindahkan gelas plastik dengan sedotan, serta permainan memindahkan kardus secara berkelompok. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perkembangan signifikan pada keterampilan sosial anak. Sebagian besar anak meningkat dari kategori mulai berkembang menjadi berkembang sesuai harapan, bahkan beberapa anak mencapai berkembang sangat baik dengan mampu membantu dan memotivasi teman. Kegiatan ini juga berdampak pada guru yang lebih terbantu dalam menciptakan suasana kelas kondusif dan interaktif. Dengan demikian, kegiatan bermain kelompok terbukti efektif sebagai strategi pendidikan anak usia dini untuk menumbuhkan kerja sama, disiplin, komunikasi, dan empati, serta dapat direplikasi di lembaga PAUD lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025