Emosi memiliki peran penting dalam pendidikan, pekerjaan, dan kesehatan, namun pada masa remaja cenderung belum stabil sehingga memerlukan pendidikan emosional yang terarah. Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah: bagaimana kandungan nilai emosional dalam QS. Ibrahim serta relevansinya terhadap pendidikan emosional remaja? Tujuan penelitian ini adalah menggali nilai emosional dalam QS. Ibrahim dan mengaitkannya secara kontekstual dengan pendidikan emosional remaja. Dengan metode studi pustaka yang bersumber dari QS. Ibrahim sebagai data primer dan literatur ilmiah sebagai data sekunder, penelitian ini menemukan bahwa nilai syukur dan doa dalam QS. Ibrahim berfungsi membentuk keteguhan jiwa, spiritualitas, dan akhlak mulia. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi nilai emosional Qur’ani dengan teori pendidikan emosional modern, yang menghadirkan pendekatan holistik dalam pembinaan karakter remaja. Implikasi praktisnya, hasil kajian ini dapat menjadi landasan pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang menyeimbangkan aspek intelektual, spiritual, dan emosional, serta mendorong lahirnya generasi remaja tangguh, beriman, dan berakhlakul karimah.
Copyrights © 2025