Indonesian Journal of Hospital Administration
Vol 8, No 1 (2025)

Hubungan Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Perawat

Wajdi, Nara Arumbinang (Alma Ata University)
Fatimah, Fatma Siti (Alma Ata University)
Putri, Imram Radne Rimba (Alma Ata University)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Perawat memiliki peran kunci dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang berkualitas, dengan cara meningkatkan kinerja perawat. Kinerja merupakan hasil yang berupa gambaran bagaimana staf menjalankan sistem manajemen untuk mencapai tujuan organisasi, baik buruknya kinerja bisa dilihat dari faktor organisasi salah satunya yaitu komunikasi organisasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi organisasi terhadap kinerja perawat di rawat inap RSUD Nyi Ageng SerangPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif cross sectional. Populasi adalah perawat rawat inap RSUD Nyi Ageng Serang dengan jumlah 51 responden, teknik pengambilan sampel Total Sampling, cara pengambilan data menggunakan kuesioner dan Uji statistic Kendall TauHasil dari uji kendall Tau didapatkan nilai p value sebesar 0,168 dengan nilai koefisien 0,154. Komunikasi organisasi terhadap kinerja perawat pada kategori baik 56,9% dan kategori cukup 49,1%Tidak ada hubungan antara komunikasi organisasi terhadap kinerja perawat di rawat inap RSUD Nyi Ageng Serang. Dari hasil yang didapatkan direkomendasikan, peneliti selanjutnya berharap dapat meneliti dengan variabel lain yang berbeda terkait hubungan variabel – variabel terhadap kinerja perawat

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJHAA

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Indonesian Journal of Hospital Administration (IJHAA) is the journal which will publish scientific article about research in health and hospital management. The focus of this journal is in Occupational Health and safety, Financial Management, Health Regulation and Policy, Human Resources Management, ...